CONTOH PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMA LENGKAP


CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS, CONTOH PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SMA, CONTOH PTK LENGKAP, JELAS, PRAKTIS, SUDAH SELESAI, LANGSUNG DIPRINT, PTK PKn, PTK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN LENGKAP, PTK SMA, PTK SMP, PTK SD, PTK MA, PTK MTs, PTK MI.


PTK INI DAPAT DIPESAN LENGKAP SEHARGA RP.250.000 KIRIM EMAIL KE duniapendidikan2@gmail.com UNTUK MENDAPATKANNYA. 

BAB IV
HASIL PENELITIAN

Gambaran Umum Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA yang beralamat di Kompleks Terpadu Jalan Pendidikan, Daerah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Daerah. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Daerah dipimpin oleh Drs. Kepala selaku Kepala Sekolah. Guru tetap sebanyak 20 orang, guru tidak tetap sebanyak 3 orang, guru bantu sebanyak 5  orang, pegawai tetap sebanyak 5  orang dan pegawai tidak tetap sebanyak 1 orang. Pembelajaran di Sekolah SMA berlangsung di dalam 9 (sembilan) ruang. Terdiri dari 3 ruang untuk kelas X, 3 ruang untuk kelas XI dan 3 ruang untuk kelas XII. Jumlah siswa pada tahun ajaran 2012/2013 adalah sebanyak 290 siswa.

Hasil Penelitian
Pada bab ini, peneliti membahas tentang hasil penelitian dan pembahasan berkaitan dengan pelaksanaan penelitian yang telah peneliti lakukan di kelas XI IPS Sekolah SMA Kecamatan Samatiga, Kabupaten Daerah pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Paparan Data Siklus I
Kegiatan yang dilakukan pada pelaksanaan siklus I meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) terhadap pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Pengamatan (observasi) terhadap pelaksanaan tindakan siklus I meliputi kegiatan guru dan observasi kegiatan siswa. Masing-masing kegiatan dapat dijelaskan sebagai berikut:
Perencanaan
Kegiatan yang dilakukan pada tahap perencanaan adalah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, menyiapkan LKS, lembar observasi yang meliputi kegiatan guru dan observasi kegiatan siswa serta pedoman wawancara dengan siswa.
Pelaksanaan siklus I
Materi yang diajarkan adalah Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Kegiatan pembelajaran pada siklus I terdiri dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Masing-masing tahap dijelaskan sebagai berikut:

Tahap awal
Pelaksanaan tindakan dilakukan peneliti dengan menggunakan alokasi waktu selama 10 menit. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan motivasi. Langkah yang dilakukan adalah menyampaikan indikator pencapaian, serta pentingnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Peneliti kemudian melakukan pengetahuan prasyarat yaitu dengan cara meminta siswa mengingat kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Tahap inti
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada tahap ini dilaksanakan selama 80 menit. Kegiatan pada tahap ini adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani. Langkah pertama adalah menjelaskan materi yang akan dipelajari kepada siswa yaitu Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani.
Setelah semua siswa memahami dengan baik materi yang dijelaskan oleh peneliti, maka langkah selanjutnya melaksanakan pembelajaran melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dengan cara membimbing siswa dan mengarahkan siswa. Langkah terakhir pada pelaksanaan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah mengontrol siswa selama pembelajaran.


Tahap akhir
Pelaksanaan pada tahap akhir dilaksanakan dengan menggunakan waktu selama 10 menit. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari.
Hasil observasi siklus I
Dalam pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa memenuhi harapan yaitu dapat mengerti materi dengan benar. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam memperhatikan dan menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai harapan.
Hasil observasi yang dilakukan oleh 2 guru pengamat pada pelaksanaan penelitian siklus I menentukan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya.

Hasil Pelaksanaan tes siklus I
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siklus I diadakan tes akhir, seperti dalam tabel:

Hasil wawancara siklus I
Wawancara dilakukan kepada 3 siswa dengan perbandingan 1 siwa bernilai paling tinggi, 1 siswa dengan nilai sedang dan 1 siswa dengan nilai paling rendah. Wawancara ini dilakukan setelah proses pembelajaran selesai dan telah diketahui hasil akhir atau skor dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa menyukai Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani, karena siswa dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan.
Siswa yang memperoleh nilai tinggi menyatakan selama ini berminat dengan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dapat melatih mereka dalam mengasah kemampuan nalar, dan berpikir. Bagi siswa yang mempunyai nilai sedang menyatakan bahwa pembelajaran yang berlangsung biasa saja karena mereka sudah terbiasa dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), sedangkan siswa yang mendapatkan nilai rendah menyatakan tidak berminat terhadap pembelajaran yang berlangsung.  
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang digunakan pada dasarnya dapat memotivasi siswa dan membantu mereka dalam memahami Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dengan benar. Siswa yang mempunyai nilai tinggi dan sedang mengakui bahwa mereka mampu memahami  dengan baik, sedangkan siswa yang mempunyai nilai rendah menjawab tidak terbantu karena tidak cakapan dalam Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani.
Selama pembelajaran, siswa merasa bahwa pendekatan yang diterapkan guru sudah pantas mengingat banyak budaya Indonesia yang perlu diketahui tidak hanya didengar saja lalu dilupakan. Berdasarkan wawancara dengan 3 orang siswa tersebut, kesulitan yang dihadapi adalah sulitnya mencari tahu budaya Indonesia. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran.
Analisis dan refleksi
Untuk mengetahui pelaksanaan berhasil atau tidak, peneliti melakukan analisis terhadap pembelajaran siklus I. Kriteria keberhasilan tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jika hasil observasi sudah mencapai skor >80%.
Hasil observasi yang dilakukan oelh 2 guru pengamat terhadap kegiatan guru, pengamat I memperoleh nilai rata-rata 74% dan pengamat II 70% serta persentase rata-rata adalah 72%. Sementara observasi yang dilakukan terhadap kegiatan siswa yang dilakukan pengamat I adalah 72% dan pengamat II 72% serta persentase rata-rata adalah 72%, dengan demikian kriteria yang ingin dicapai belum berhasil.
Selanjutnya, ditinjau dari hasil tes akhir menunjukkan bahwa terhadap 12 siswa yang tidak tuntas yaitu 33,33%. Berdasarkan hasil penelitian di siklus I, maka disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian belum berhasil dan perlu dilanjutkan siklus II.
Paparan Data Siklus II
Siklus II adalah melanjutkan siklus I yang belum mencapai ketuntasan. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II adalah meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi terhadap pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
Perencanaan
Pada tahap ini dilakukan dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, lembar kerja siswa, lembar observasi kegiatan guru dan siswa serta format wawancara terhadap siswa.
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan siklus II terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Masing-masing tahap dapat dijelaskan sebagai berikut:
Tahap Awal
Tahap ini dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu 10 menit, dengan memberikan motivasi kepada siswa akan pentingnya materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani untuk mengetahui berbagai budaya dan demokrasi yang pernah ada.
Peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuannya adalah untuk mengembangkan pengetahuan, wawasan, mengasah imajinasi, kecakapan mengambil amanat dalam sistem pemerintahan. Selanjutnya peneliti menjelaskan bahwa pembelajaran yang berlangsung adalah dengan menggunakan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Tahap Inti
Tahap inti dilakukan selama 80 menit. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Langkah yang dilakukan adalah dengan meminta siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani.
Setelah mengetahui Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani peneliti membimbing dan mengarahkan siswa dalam penugasan, mencari tahu berbagai budaya dan demokrasi yang terdapat di Indonesia. Langkah terakhir adalah mengontrol siswa dalam menentukan isi materi secara keseluruhan.
Tahap akhir
Pelaksanaan pada tahap ini dilaksanakan dengan menggunakan alokasi waktu 10 menit.
Wawancara dilakukan dengan 3 siswa yang terdiri atas, 1 siswa dengan nilai tinggi, 1 siswa dengan nilai sedang dan 1 siswa dengan nilai rendah. Siswa dengan nilai tinggi menyatakan berminat dengan materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani, siswa dengan nilai sedang menyatakan kurang tertarik dan siswa dengan nilai rendah tidak berminat mempelajari tersebut.
Siswa yang mencapai nilai tinggi dan sedang menyatakan bahwa pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menyenangkan. Siswa tidak merasa bosan karena diajak berpikir dan terlibat langsung dalam menambah wawasan tidak hanya mendengar semata. Siswa juga menginginkan pendekatan ini diterapkan pada pelajaran lain, karena dapat mengajak mereka terlibat langsung dan aktif selama pembelajaran.  
Refleksi
Refleksi bertujuan untuk mengetahui keberhasilan tindakan yang telah dibuat. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jika hasil observasi telah mencapai 80%, sementara kriteria hasil adalah >85% siswa mendapat nilai >70 pada tes akhir tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa telah berlangsung baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi oleh pengamat I terhadap kegiatan guru diperoleh persentase 96% dan pengamat II 94%. Dengan demikian persentase rata-rata adalah 95%. Berdasarkan hasil tes yang diukur melalui pelaksanaan tes akhir tindakan siswa yang memperoleh skor >70 adalah sebanyak 30 orang sehingga persentasenya adalah 83,33%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil tidak tidak perlu dilakukan siklus III.

Pembahasan
Hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI IPS Sekolah SMA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mangajar. Hasil obeservasi yang dilakukan oleh pengamat I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase sebesar 74% dan pengamat II 70%. Observasi yang dilakukan pengamat I terhadap aktivitas siswa adalah 72% dan pengamat II 72%. Jika ditinjau dari kriteria ketuntasan pada siklus I belum berhasil karena siswa yang mendapaikan nilai 70 adalah 33,33%. Dengan demikian siklus I belum berhasil dan dilanjutkan dengan siklus II.
Hasil observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat pada pelaksanaan siklus II terhadap kegiatan guru diperoleh rata-rata  95%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh persentasei rata-rata 88%. Pada pelaksanaan siklus II terlihat siswa yang memperoleh nilai >70 adalah 83,88%. Dengan demikian pelaksanaan siklus II sudah berhasil dan tidak perlu pengulangan siklus.
Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mendapat respon positif dari siswa. Hal ini ditandai dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa siswa menginginkan kembali penerapan pendekatan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi dan pelajaran lain. Pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan pendekatan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) juga dapat membimbing siswa dalam menganalisis materi pelajaran. Dengan demikian Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru dalam rangka meningkatkan pemahamanan siswa akan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

DOWNLAOD CONTOH PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMA LENGKAP


Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VII

RPP DAN SILABUS SKI MTs VII LENGKAP SIAP PAKAI