Contoh Bab 1 PTK yang Baik dan Benar

A.     Latar Belakang Masalah
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar  sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang  menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan KKM dengan  analisis dan memperhatikan mekanisme, yaitu prinsip dan langkah-langkah penetapan.
Kenyataan dilapangan guru dalam menetapkan KKM tidak berdasarkan analisis dan tidak memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan, oleh karena itu perlu ada kegiatan pada awal  tahun pelajaran yang dapat memberikan informasi kepada guru yang dijadikan  pedoman dalam penetapan KKM.
B.     Rumusan Masalah dan Pemecahannya.
1.   Rumusan Masalah
  1. Bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) ?
  2. Apakah melalui Workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan  Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) ..........tahun ...........



2.  Pemecahan Masalah
  1. Berdasarkan kajian awal diduga tindakan  yang berupa Workshop untuk meningkatkan  kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dapat menyelesaikan  masalah.
  2. Tindakan yang dilakukan melalui dua siklus, siklus  I terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan, observasi, dan repleksi. Berdasarkan hasil refleksi siklus I disiapkan siklus II .

C.     Hipotesis Tindakan
Dari latar belakang masalah, rumusan masalah, dan pemecahan masalah yang telah dipaparkan di atas maka hipotesis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut ” Workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menetapakan Kriteria Ketuntasan Minimal .......... tahun .......... ”.

D.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal  ( KKM ) ..........tahun ...........
2.      Manfaat Penelitian
a.       Melalui Workshop dapat memberikan pengalaman belajar bagi guru, karena melalui Workshop guru diberikan materi dan latihan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) sesuai dengan mata pelajarannya.

b.      Guru .......... memiliki kemampuan dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga proses belajar mengajar lebih baik.

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VII

RPP DAN SILABUS SKI MTs VII LENGKAP SIAP PAKAI