Penulisan Bab 1 PTK yang Benar, Lengkah dan Terpercaya dengan Referensi

BABI
PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakangMasalah
Pelajaranaqidahakhlaksebagaisalahsatumatapelajaran  ditingkat  SMP/MTs dewasainitelahmendapatkanperhatian  yang  cukupseriusdariberbagaipihakbaikpemerintah,   sekolah,  maupunmasyarakat.   Hal  inidisebabkankarenapelajaranaqidahakhlakmerupakanmatapelajaran   yang  bertujuanuntukmembina   moral  danakhlaksiswa,   sertaberimandanbertaqwakepadaTuhan   Yang   MahaEsa.   SebagaimanadisebutkandalamUndang-undangSistemPendidikanNasionalNomor  20Tahun  2003 (dalamDepdiknas,  2006: 234) menyebutkanbahwa:
Pendidikannasionalbertujuanmengembangkankemampuandanmembentukwataksertaperadabanbangsa   yang  bermanfaatdalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa,  bertujuanuntukberkembangnyapotensipesertadidik  agar menjadimanusia  yang  berimandanbertaqwakepadaTuhan  Yang  MahaEsa, berakhakmulia,   sehat,   beriman,   cakap,   kreatif,   mandiridanmenjadiwarganegara  yang demokratissertabertanggungjawab.

Sehubungandengantujuanpembelajaranaqidahakhlak,  Thohadkk (2004:135)menyebutkan         bahwa:  Tujuanumumpengajaranaqidahdanakhlakyaitu  (1)  supayadapatterbiasamelakukanhal-hal  yang  baik,  indah,  mulia,  terpujisertamenghindari yang  buruk,  jelek,  hinadantercela;  serta  (2)  supayaperhubungankitadengan  Allah Swtdandengansesamemakhlukselaluterpeliharadenganbaikdanharmonis.
LebihlanjutThohadkk   (2004: 136)   menyebutkanbahwatujuankhususpembelajaranaqidahakhlakantara  lainuntuk:
(1) menumbuhkanpembentukankebiasaanberakhlakmuliadanberadatkebiasaanbaik;  (2) memantapkan   rasa keagamaanpadasiswa,  membiasakandiriberpegangpadaakhlakmuliadanmembenci  akhlak    yang    rendah;    (3) membiasakansiswabersikaprela,  optimis,  percayadiri,  menguasaiemosi,  tahanmenderitadansabar;  (4) membimbingsiswakearahsikapyang  sehat  yang  dapatmembantumerekaberinteraksisosial  yang baik, mencintaikebaikanuntuk  orang lain,  sukamenolong,   sayingkepada  yang  lemahdanmenghargai   orang  lain;  (5) membiasakansiswabersopansantundalamberbicaradanbergaulbaik di sekolahmaupun  di luarsekolah;  (6) selalutekunberibadahdanmendekatkandirikepada Allah  Swtdanbermuamalah   yang  baik.
KesulitanbelajaraqidahakhlakdialamiolehsebagianbesarsiswaMTsNAlamat.  Dari  hasilobservasiawaldanketeranganguru  bidangstudiaqidahakhlakdariMTsNBlang  Bale  diketahuisebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammemahamikonsep-konsepmateri yang diajarkanpadamatapelajaranaqidahakhlak. Kesulitan  yangdialamiolehsiswaadalahkurangnyakemampuansiswadalammembacaayat-ayat Al-Quran  danHadits. Akibatnya, berdasarkan basil tesulangansiswapadamatapelajaranaqidahakhlakmenunjukkanmasihbanyaksiswa  yang belummencapaiketuntasanbelajardengan rata-rata hasilbelajarsiswayakni  50,5 yang masihberada di bawahnilaiKriteriaKetuntasan Minimal pelajaranaqidahakhlak di MTsNAlamat yaitu 65.
Penggunaan  modelpembelajarankooperatifsebagaisalahsatusolusiuntukmengatasikesulitanbelajaraqidahakhlaksiswasangatdiperlukanoleh  guru  agarmateri yang disampaikanmudahdipahami,  sekaligusmelatihketerampilanbekerjasamadanbertanggungjawab. Johardkk (2006:31) menjelaskan, "Pembelajarankooperatifmerupakan model pembelajaran di manaaktivitaspembelajarandilakukanguru  denganmenciptakankondisibelajar  yang  memungkinkanterjadinya  proses belajarantarsesamesiswa. Proses interaksiakandimungkinkanjika  gurumengaturkegiatanpembelajarandalamsuatu setting siswabekerjadalamkelompok".
Untukmengatasikondisitersebut, makapenggunaanpembelajarankooperatiftipe Jigsaw sebagaisalahsatu model pembelajaranuntukmengaktifkansiswasangatdiperlukanolehguru aqidah akhlak agar materi yang disampaikanmudahdipahami, sekaligusmelatihkemampuansiswadalammenyelesaikanmasalahbersama-sama, MenurutTrianto (2003:56), "Model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw merupakantipepembelajaran yang menempatkansiswadalamkelompokbelajarberanggotakan 5-6 orang (kelompokasal), setiapsiswadalamkelompokdiberitugas yang berbedauntukdidiskusikandengansiswakelompok  lain  dengantugassama  (kelompokahli)". Melaluipembelajarankooperatiftipe Jigsaw, diharapkansiswamampuberpikirsendiriuntukmemahamimateribaikmelaluikerjasamamaupunsecaraindividusehinggakesulitanbelajaraqidahakhlaksiswadapatteratasisekaligusmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.
Berdasarkanmasalah di atas, penulistertarikuntukmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw untukmembantukesulitanbelajarsiswadenganmelakukanpenelitiandenganjudul  "UpayaPenerapanCooperative      Learning Tipe Jigsaw UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaPelajaran Agama Islam MateriPerilakuTerpuji di KelasIXMTsNAlamat Kabupaten Aceh Barat".
1.2 RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangmasalah di atas, yang menjadirumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu:
1 )Apakahpenerapan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dapatmengatasi
Kesulitansiswdalampembelajaranaqidahakhlak di kelaspadaMTsNBlang
Bale?
2).  Bagaimanaaktivitasguru  dalammenerapkan model pembelajarankooperatiftipe                             '
Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak di kelasIX pada MTsNAlamat?
3).   Bagaimanaaktivitassiswaselamaditerapkannyamodel  pembelajarankooperatiftipe  Jigsaw  dalampembelajaranaqidahakhlak  di  kelasIXpadaMTsNAlamat?

1.3 TujuanPenelitian
Berdasarkanrumusanmasalah di atas,  adapuntujuandaripenelitianiniyaitusebagaiberikut.
1 ).   Untukmengetahuipenerapan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dalammengatasikesulitansiswadalampembelajaranaqidahakhlakdi kelasIXpadaMTsNAlamat.
2).   Untukmengetahuiaktivitasguru    dalammenerapkan  .modelpembelajarankooperatiftipe  Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak di kelas ix padaMTsNAlamat.
3).  Untukmengetahuiaktivitassiswaselamaditerapkannya model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak di kelasIXpadaMTsNAlamat.

1.manfaatPenelitian
Denganadanyapenelitianinikiranyadapatmemberikan  manfaatsebagaiberikut.
1).  Menjadibahanmasukanbagilembaga-lembagapendidikandanbagi guru-guru aqidahakhlak di MTsNAlamat dalamrangkamencarijalankeluaruntukmengatasikesulitansiswadalammemahamimateripelajaran.
2).   Menjadisalahsatumodel  pembelajaran   yang disenangidandiminati,  sertamampumengaktifkan            siswadalamkegiatanpembelajaransehinggadiharapkandapatmengatasi            kesulitanbelajarsertamampumeningkatkanprestasibelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranaqidahakhlak.
3).   Menjadisalahsatualtematifbagi  guruaqidahakhlakdalammenemukanstrategipembelajaran   yang sesuaidenganmateri,  kemampuanmaupunkondisisiswa.


1.5 RuangLingkupPenelitian

Penerapanmodel  pembelajarankooperatiftipe  Jigsaw  dalampenelitianinihanyaditerapkanpadamateriperilakuterpuji di kelasIX msnuntuk semester ganjil. Untukmengkajipenerapan   model   pembelajarankooperatiftipe   Jigsaw   dalammengatasikesulitansiswa,  aktivitas  guru  dalammenerapkan model  pembelajarankooperatiftipe Jigsaw, sertaaktivitassiswaselamaditerapkannya model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlakmateriperilakupuji di kelasIXMTsNAlamat.


Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VII

RPP DAN SILABUS SKI MTs VII LENGKAP SIAP PAKAI